Selasa, 25 November 2014

Jawaban Pertanyaan Manusia dan Keadilan

1. Berikan contoh keadilan distributif ?

Keadilan yang terwujud saat karyawan bekerja digaji lebih besar dibandingkan karyawan yang masuk kerja

2. Berikan contoh keadilan moral atau legal ?
Keadilan moral dimaksudkan dengan keadilan sesuai undang-undang. Sebagai contohnya adil jika semua pengendara mentaati rambu-rambu lalu lintas. 

3. Bagaimana penanganan ketidakadilan dalam pemerintahan?
Setiap orang sudah memiliki tanggung jawab masing-masing untuk memustuskan agar bertindak jujur dan adil atau tidaknya sesuai hati nurani mereka.

4. Apa sajakah keadilan yang ada di Indonesia?
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

5. Bagaimana , jika orang yang tidak bertanggung jawab memiliki wewenang ? 
Seperti kita tahu , bangsa Indonesia masih mementingkan asas  kekeluargaan sesungguhnya keadilan itu terwujud pada saat tiap orang menerima haknya sesuai apa yang diharuskan tanpa memikir jabatan atau profesi , sanak saudara ataupun jumlah uang.

6. Apakah sanksi jika seseorang merusak nama baik orang lain ?
Terkena sanksi pidana dan denda terkait pasal pencemaran nama baik dalam undang – undang yaitu pada pasal 27 ayat 3 undang-undang ITE.

7. Berikan contoh penyalahgunaan aktiva !
Korupsi pencurian tanpa memerhatikan materialitas jumlah yang terkait, karena pencurian bernilai kecil menggunung seiring dengan berjalannya waktu. 

8. Apakah ciri kecurangan dan apa yang dapat dipelajari ?
Adanya ketidakadilan  dalam suatu situasi atau keadaaan dimana seseorang yang melakukan kecurangan lebih mementingkan diri sendiri demi mencapai suatu keuntungan pribadi.

9. Jika melarang seseorang dalam berargumentasi termasuk dalam apa ?
Ketidakadilan dalam suatu forum karena kebebasan berargumentasi seseorang yang merupkan haknya itu tidak dihargai dalam diskusi

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kejujuran dan hakikat kejujuran ?
Jawab :
Kejujuran adalah apa yang dikatakan sesuai dengan kenyataan yang ada.Kejujuran itu ada pada ucapan,juga ada pada perbuatan, sebagaimana seorang yang melakukan suatu perbuatan, tentu sesuai dengan yang ada pada isi hatinya.
Pada hakekatnya kejujuran atau jujur dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi, kesadaran pengakuan akan adanya sama hak dan kewajiban, serta rasa takut terhadap kesalahan atau dosa

11. Apa yang dimaksud dengan kecurangan dan sebab-sebab orang melakukan kecurangan ?
Jawab :
Kecurangan dilakukan oleh orang itu disebabkan karena beberapa faktor misalnya :
- Keinginan dalam menggapai sesuatu namun sulit baginya
- Memaksakan diri dalam melakukan suatu hal

12. Apakah hakikat dari pemulihan nama baik ?
Jawab :
Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Setiap orang pasti akan menjaga nama baiknya agar lebih dihargai oleh orang lain.
Pada hakekatnya pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala kesalahannya atau bahwa apa yang diperbuatnya tidak sesuai dengan ukuran moral atau tidak sesuai dengan ahlak yang baik.

13. Apa yang dimaksud dengan pembalasan ? Apa sebab-sebab orang melakukan pembalasan?
Berikan contoh!
Jawab :
Pembalasan merupakan suatu reaksi atau sikap yang ditunjukkan akibat perbuatan orang lain.
Sebab - sebab orang melakukan pembalasan pada dasarnya setiap hal yang dilakukan pasti akan ada timbal baliknya,sekecil apapun kita melakukan kebaikan pasti akan dibalas begitu juga sebaliknya.
Contohnya, apabila anda melakukan perbuatan yang merugikan untuk orang lain pasti cepat atau lambat suatu hal yang merugikan akan datang kepada anda,namun apabila anda melakukan hal yang menyenangkan atau membuat orang bahagia pasti anda akan merasakan hal yang menyenangkan nanti.

14. Apakah yang dimaksud dengan keadilan? apa makna dari keadilan?
keadilan berasal dari kata adil. secara umum keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang ataupun memperlakukan seseorang atau pihak lain sesuai dengan haknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar